Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

5 Cara Mengakses Pengaturan Sistem di Mac

Cara Mengakses Pengaturan Sistem

Cara Mengakses Pengaturan Sistem – Pada Mac, Pengaturan Sistem adalah tempat yang digunakan pengguna untuk mengkustomisasi berbagai pengaturan pada Mac mereka, seperti mengatur wallpaper atau mengelola akun iCloud. Sebagai pengguna Mac, Anda mungkin sering mengunjungi Pengaturan Sistem untuk alasan tertentu. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa cara berbeda untuk mengaksesnya? Di bawah ini, kita akan jelaskan beberapa cara berbeda untuk membuka aplikasi Pengaturan Sistem di Mac Anda.

1. Cari Dengan Spotlight

Spotlight adalah fitur yang tersembunyi namun sangat berguna pada macOS. Meskipun sederhana, Spotlight memiliki banyak kemampuan yang bisa Anda manfaatkan, termasuk untuk membuka Pengaturan Sistem.

Untuk membuka Pengaturan Sistem melalui Spotlight, Anda dapat menekan tombol Command + Spasi atau menggunakan tombol fungsi Spotlight pada keyboard Anda untuk mengaktifkan Spotlight. Anda juga dapat mengklik ikon Spotlight di bilah menu Mac. Jika tidak ada ikon Spotlight di bilah menu, Anda selalu dapat menambahkannya.

Setelah Spotlight terbuka, Anda dapat mencari Pengaturan Sistem dan kemudian tekan tombol Kembali untuk membuka Pengaturan Sistem. Prosesnya cepat dan mudah dengan bantuan Spotlight.

2. Gunakan Launchpad

Salah satu cara termudah untuk meluncurkan aplikasi di Mac Anda adalah menggunakan Launchpad. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Launchpad untuk mengakses Pengaturan Sistem:

  1. Klik ikon Launchpad di Dock Mac Anda.
  2. Cari dan klik Pengaturan Sistem di Launchpad. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas untuk mencarinya.

Tidak hanya untuk mengakses Pengaturan Sistem, Anda juga dapat menggunakan Launchpad untuk melakukan tindakan lain di Mac Anda, seperti membuat folder aplikasi dan menghapus aplikasi.

3. Menu Apple

Menu Apple terletak di sudut kiri atas bilah menu Mac Anda dan dapat diakses dengan mengklik logo Apple. Dari menu drop-down ini, Anda dapat keluar dari akun pengguna, memulai ulang, mematikan Mac, atau mengalihkannya ke mode tidur, serta mengakses Pengaturan Sistem. Namun, untuk mengakses Pengaturan Sistem, klik menu Apple dan pilih System Settings dari menu drop-down.

4. The Dock

Dock pada Mac Anda adalah tempat di mana aplikasi yang terbuka, termasuk aplikasi yang telah Anda tambahkan, ditampilkan. Secara default, Pengaturan Sistem sudah ada di Dock, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah hanya dengan mengklik ikon Pengaturan Sistem di Dock Mac Anda.

Namun, jika Anda telah menghapus ikon Pengaturan Sistem dari Dock, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkannya kembali agar Anda dapat mengaksesnya dengan cepat dan mudah dari desktop Anda.

5. Finder

Meskipun mengakses Pengaturan Sistem melalui Finder mungkin merupakan metode yang lebih sulit, namun bukan berarti tidak mungkin. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Buka Finder di Mac Anda, lalu klik “Buka” dari bar menu.
  2. Klik “Computer”, lalu pilih hard drive Mac Anda, Macintosh HD.
  3. Buka folder “System”, lalu klik “Library”.
  4. Gulir ke bawah hingga Anda melihat folder “PreferencePanes” dan membukanya.
  5. Di dalam folder “PreferencePanes”, Anda akan melihat daftar file yang diakhiri dengan .prefPane. Klik salah satu file untuk membukanya, seperti “Keyboard.prefPane” misalnya. Ini akan membawa Anda ke menu Pengaturan Sistem untuk pengaturan Keyboard. Anda juga dapat menarik dan melepas item apa pun dari jendela “PreferencePanes” ke desktop atau Dock Anda.
  6. Arahkan Pengaturan Sistem seperti biasa, menggunakan sidebar.

Dan begitulah caranya. Tidak masalah item apa yang Anda klik di jendela “PreferencePanes”. Anda masih akan diarahkan ke Pengaturan Sistem. By the way, jika Anda menggunakan macOS Monterey atau versi yang lebih lama dan ingin beralih ke macOS Ventura, kami memiliki panduan Pengaturan Sistem di macOS Ventura yang bisa Anda periksa.

Tidak masalah bagaimana Anda mengakses Pengaturan Sistem

Tidak perlu khawatir menggunakan lebih dari satu metode ini, namun mengetahui bahwa Anda memiliki berbagai opsi adalah hal yang baik. Selain itu, pengetahuan Anda tentang berbagai cara untuk mengakses Pengaturan Sistem di Mac dapat mengesankan teman-teman Anda.

Pada akhirnya, metode yang Anda gunakan untuk masuk ke Pengaturan Sistem tidaklah terlalu penting. Yang terpenting adalah Anda berhasil mengakses Pengaturan Sistem. Jadi, apakah itu menggunakan metode Finder yang agak rumit atau metode Dock dengan sekali klik, pilihlah metode yang paling sesuai bagi Anda.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Upgrade SSD Macbook untuk meningkatkan kinerja

Upgrade SSD, Peningkatan kinerja laptop adalah tujuan banyak pengguna, terutama ketika laptop yang spek standar maupun pada laptop gaming mulai terasa lambat dalam menjalankan tugas

Mengatasi Port HDMI Tidak Bisa Digunakan

Port HDMI (High-Definition Multimedia Interface) pada laptop standar maupun laptop gaming sangat penting untuk menghubungkan laptop Anda ke layar eksternal, proyektor, atau TV yang mendukung

Penyebab Laptop Sering Mati Tiba-tiba

Apakah Anda sering mengalami masalah laptop yang tiba-tiba mati tanpa ada peringatan sebelumnya? Tentu hal ini bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang dalam sesi

Mengatasi Port Charger Laptop Macbook

 Port charger laptop adalah salah satu komponen penting yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai laptop dan menjaga perangkat tetap berfungsi. Namun, seperti komponen lainnya,

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Imac Point.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785