Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Perlu di ketahui Jenis-jenis Baterai dan Cara Perawatannya Sebelum Ganti Baterai Laptop

Ganti Baterai Laptop

Baterai adalah nyawa bagi alat elektronik apa saja. Tidak terkecuali laptop. Tidak ada baterai, teknologi tersebut bagai barang terbengkalai. Ketika pemasok daya ini mengalami kerusakan, tentu harus segera ganti baterai laptop di service terpercaya

Jenis-jenis Baterai Laptop

Secara umum ada tiga jenis baterai yang digunakan pada laptop standar, laptop gaming maupun macbook. Baterai tersebut memiki keunggulannya masing-masing. Sudah tentu memiliki cara perawatan yang berbeda. Kali ini akan membahas lebih rinci mengenai jenis-jenis tersebut. Ini dia ulasannya.

  1. Baterai Nickel Cadmium

Pada poin pertama ada baterai jenis Nickel Cadmium yang sebenarnya pernah jadi standar baterai untuk laptop. Kendati demikian, sudah jarang digunakan karena beberapa hal berikut:

  • Baterai berat sehingga menaruh banyak beban ketika bawa laptop
  • Cadmium sendiri merupakan bahan kimia beracun sehingga kurang bagus bagi kesehatan pemiliknya
  • Sangat rentan kena memory effect

Maksud dari memory effect sendiri adalah baterai tersebut sistemnya mengingat besarnya kapasitas pengisian setelah pemakaian terakhir. Jadi ketika Anda melakukan charge saat masih 50%, setelah dicas pun tidak akan bertambah atau berkurang. 

  1. Baterai Nickel Metal Hydride

Nah, baterai jenis inilah yang saat ini menjadi pengganti baterai Nickel Cadmium dengan performa yang lebih baik tentunya. Nickel Metal Hydride tidak mengandung bahan beracun sehingga lebih aman. Cara perawatannya pun cenderung lebih mudah dan resiko memory effect berkurang.

Salah satu kekurangan dari penggunaan baterai jenis ini yaitu kurang optimal apabila pemakaian di suhu yang terlalu rendah maupun tinggi. Namun selebihnya, Nickel Metal Hydride memiliki kerapatan energi dua kali lipat lebih besar sehingga masa pakainya lebih lama.

  1. Baterai Lithium-ion

Perkenalkan standar baterai terbaru untuk barang elektronik yang lebih ringan dengan performa baik. Baterai Lithium-ion menghasilkan energi yang sama besar dengan versi sebelumnya. Hanya saja memang ringan dengan selisih 20% – 35%. 

Tidak ada kandungan zat berbahaya seperti Nickel Cadmium. Hanya saja, baterai yang satu ini amat mudah tersulut api. Oleh sebab itu, apabila sudah tidak terpakai buanglah di tempat aman. 

Ganti Baterai Laptop

Tips Perawatan Baterai Laptop

Merawat baterai laptop baik baru maupun yang sudah terpakai amat penting. Hal ini meminimalisir kerusakan yang menyebabkan harus ganti baterai laptop. Bagaimana cara perawatannya, simak beberapa poin berikut.

  1. Jangan Asal Upgrade Baterai

Perlu Anda ketahui, munculnya baterai versi baru di pasaran jangan lekas membuat tergiur untuk upgrade baterai laptop. Pasalnya sistem pengisian tiap jenis baterai berbeda meskipun casingnya pas. 

Kecuali apabila laptop Anda memang terkonfirmasi sudah melakukan pra konfigurasi dari produsen. Efeknya laptop tersebut bisa pakai lebih dari satu jenis saja. Oleh sebab itu, perlu untuk mencari informasi mengenai hal tersebut sesuai merk dan tipe laptop Anda. 

  1. Ketahui Maksimal Pengisian Ulang

Seiring waktu, arus listrik dari baterai akan berkurang dengan sendirinya apabila tidak digunakan. Jadi, meskipun sudah melakukan perawatan yang tepat. Usahakan mengganti baterai setelah 1000 kali cas ulang. 

  1. Cas Penuh Baterai Baru

Bagi Anda yang punya atau akan beli baterai baru perlu lakukan perawatan awal. Saat penjualan, baterai dalam kondisi 0%. Itulah mengapa perlu pengecasan terlebih dahulu selama 12 jam penuh. 

Apabila baru 15 menit Anda melihat indikator cas sudah penuh. Tidak perlu dicabut, terus lanjutkan hingga waktu tersebut karena hal ini normal terjadi. 

Tidak hanya ganti baterai laptop. Apapun masalah IT Anda kami akan mulai dari yang ringan. Owner terpercaya alumni ITB Amin Zefiansyah S.T 13314051 dan Selvy Dewi Inneke S.Bns. perusahaan service dan jual beli laptop no 1 di Bandung dengan 3000 ulasan dan rating 4.5. Melayani instan service specialist 1-3 jam. 

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Upgrade SSD Macbook untuk meningkatkan kinerja

Upgrade SSD, Peningkatan kinerja laptop adalah tujuan banyak pengguna, terutama ketika laptop yang spek standar maupun pada laptop gaming mulai terasa lambat dalam menjalankan tugas

Mengatasi Port HDMI Tidak Bisa Digunakan

Port HDMI (High-Definition Multimedia Interface) pada laptop standar maupun laptop gaming sangat penting untuk menghubungkan laptop Anda ke layar eksternal, proyektor, atau TV yang mendukung

Penyebab Laptop Sering Mati Tiba-tiba

Apakah Anda sering mengalami masalah laptop yang tiba-tiba mati tanpa ada peringatan sebelumnya? Tentu hal ini bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang dalam sesi

Mengatasi Port Charger Laptop Macbook

 Port charger laptop adalah salah satu komponen penting yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai laptop dan menjaga perangkat tetap berfungsi. Namun, seperti komponen lainnya,

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Imac Point.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785