Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Perlu di Ketahui Sebelum Ganti LCD Laptop Macbook

Ganti LCD Laptop

Laptop merupakan barang elektronik yang bisa rusak kapan saja. Apalagi jika perawatannya kurang optimal. Salah satu komponen paling penting pada benda tersebut adalah LCD. Ganti LCD laptop saja bisa memakan biaya cukup mahal.

Berbagai Tipe LCD Laptop

Ada banyak faktor yang menyebabkan LCD laptop perlu diganti baik itu laptop spek standar maupun pada laptop gaming. Seperti layar tidak menyala, hidup tapi muncul garis abstrak, menyala sebagaian, dan sebagainya. Sebelum beli baru, ketahui beberapa tipe LCD laptop atau LCD macbook di pasaran.

  1. TFT (Thin-Film Transitor)

Pada poin pertama ada TFT yang sistemnya menggunakan transitor kecil pada setiap pixelnya. Hal itu pula yang membuat gambar nampak makin jelas, tajam dan jernih. Tipe yang satu ini sudah umum digunakan untuk berbagai laptop. 

  1. IPS In Plane Switching

Selanjutnya ada tipe IPS yang memiliki sudut pandang lebih luas. Selain itu kualitas gambar juga lebih baik dari TFT. Dalam produksinya, IPS dinilai lebih hemat energi dengan komposisi gambar tajam. 

  1. OLED Organic Light Emitting Diode

Jika dua tipe sebelumnya sudah umum terdapat pada laptop. Kali ini adalah jenis layar yang jarang sekali atau belum banyak penggunanya. Salah satu kelebihan dari layar OLED adalah dimensinya tipis dan ringan.

Meski begitu dapat menghasilkan warna yang lebih akurat di layar. Gambarnya pun lebih tajam dan jernih. Terlebih lagi tipe LCD hang satu ini hemat energi. Baterai jadi tahan lama. 

  1. AMOLED 

Jika OLED adalah layar LCD baru dan belum banyak pengaplikasiannya. Maka ada versi yang lebih tinggi yaitu layar AMOLED. Sistemnya lebih canggih sebab menggunakan transitor aktif pada setiap pixel. Hasil gambar tentu saja lebih tajam dari tipe OLED. 

  1. LED

Poin terakhir ada LED yang merupakan layar LCD hemat energi. Yang menjadi ciri khas dari tipe ini adalah lampu LED menjadi sumber cahaya pada layar. LED cenderung lebih hemat energi jika dibandingkan dengan LCD tradisional. Umur penggunaannya juga cenderung lebih lama. 

Jenis Kerusakan LCD Secara Umum

Sebelum melakukan tindakan ganti LCD laptop, ketahui lebih dulu jenis kerusakan yang terjadi pada barang elektronik Anda. Sebab, terkadang masalah hanya terjadi di beberapa titik saja. Ini dia jenis kerusakan LCD secara umum.

  1. Layar Retak

Apabila laptop pernah tertimpa benda keras, resiko yang paling umum adalah layar retak. Bisa juga pernah tertindih benda berat. Retaknya layar bisa mengganggu aktivitas Anda menggunakan alat tersebut. 

  1. Dead Pixel

Dead pixel ini juga bisa diartikan sebagian layar tidak berfungsi. Atau ada titik tertentu yang performanya menurun. Penyebab utamanya adalah ketidakserasian antar komponen di dalam laptop tersebut. Bisa juga karena usia layar. 

  1. Layar Mati Total

Jenis kerusakan selanjutnya adalah layar tidak menyala sedikitpun alias mati total. Blank screen ini bisa terjadi karena adanya masalah antara koneksi layar dengan motherboard. 

  1. Layar Bergaris

Di laptop muncul garis-garis aneh yang tidak bisa hilang? Boleh jadi penyebabnya adalah terendam air dalam waktu lama. Akibatnya kabel fleksibel yang menghubungkan layar ke motherboard laptop mengalami kerusakan. 

Mengatasi LCD Laptop Rusak

Layar Laptop Bergaris

Apabila sudah diketahui akar permasalahan mengenai kerusakan LCD laptop. Hal yang harus Anda lakukan adalah membawanya ke tempat reparasi terpercaya. Sebagai pelanggan bisa menjelaskan jenis kerusakan kepada teknisi. Jangan lupa untuk membahas soal biaya perbaikan. 

Tidak hanya ganti lcd laptop. Apapun masalah IT Anda kami akan mulai dari yang ringan. Owner terpercaya alumni ITB Amin Zefiansyah S.T 13314051 dan Selvy Dewi Inneke S.Bns. perusahaan service dan jual beli laptop no 1 di Bandung dengan 3000 ulasan dan rating 4.5. Melayani instan service specialist 1-3 jam.

WhatsApp
Facebook
Twitter

Table of Contents

LATEST POSTS

Upgrade SSD Macbook untuk meningkatkan kinerja

Upgrade SSD, Peningkatan kinerja laptop adalah tujuan banyak pengguna, terutama ketika laptop yang spek standar maupun pada laptop gaming mulai terasa lambat dalam menjalankan tugas

Mengatasi Port HDMI Tidak Bisa Digunakan

Port HDMI (High-Definition Multimedia Interface) pada laptop standar maupun laptop gaming sangat penting untuk menghubungkan laptop Anda ke layar eksternal, proyektor, atau TV yang mendukung

Penyebab Laptop Sering Mati Tiba-tiba

Apakah Anda sering mengalami masalah laptop yang tiba-tiba mati tanpa ada peringatan sebelumnya? Tentu hal ini bisa sangat mengganggu, terutama jika Anda sedang dalam sesi

Mengatasi Port Charger Laptop Macbook

 Port charger laptop adalah salah satu komponen penting yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai laptop dan menjaga perangkat tetap berfungsi. Namun, seperti komponen lainnya,

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Konsultasi Gratis via WhatsApp

Klik lanjut WA
Halo, Terimakasih telah menghubungi Imac Point.
#Pastinya Solusi Terbaik
#Harga Pas Kualitas Berkelas
Ownernya Alumni ITB

Layanan kami meliputi, Jasa Service SmartPhone dan Laptop
Jasa Service Macbook dan Iphone

Ada yang bisa kami bantu?

WA CS Qo'qo Konsultasi 0851 6288 6251
WA CS Lu'lu Konsultasi 0851 7417 5789
WA CS Bar'ro Konsultasi dan Sales 0851 7957 4785